Jam Biologis Tubuh Manusia

Tidur sehat manusia adalah 7 sampai 9 jam setiap hari.Perbaikan sel ini dipicu oleh hormon yang bernama Human Growth Hormone (HGH) 

Karena itu, dengan tidur yang cukup rata-rata 8 jam per hari, sama saja dengan membiarkan tubuh Anda memulihkan tubuh kembali.



Terdapat banyak ritme harian dari berbagai fungsi fisiologis dan aktivitas tubuh kita.Ritme ini berfungsi mengatur apa yang harus dilakukan tubuh secara alami.Misalnya, mengatur kapan tubuh harus istirahat, kapan tubuh perlu makan, atau kegiatan lainnya yang dilakukan tubuh selama 24 jam.

Andai pun kita hidup dlam gua yang gelap dan tidak tahu pukul berapa saat itu, siklus tersebut akan tetap ada dan berjalan selama 24 jam.Walau para neurolog tidak tahu persis bagian mana di otak yang mengenali jejak waktu tersebut, kemungkinan besar yang ikut berperan adalah bagian otak yang berada di Hypotalamus yang disebut dengan suprachiasmatic nucleus (SCN).Diperkirakan, lebih dari 1000 macam jam biologis ini yang beroperasidan mengatur tubuh kita.Nah, berikut ini beberapa contoh kerja tubuh yang mengalami ritme harian tersebut:
  1. Siklus haid normal akan terulang dengan sendirinya setiap 271 1/2 hari.Hormon adrenalin dan kortisol secara alami akan dilepaskan ke dalam aliran darah di waktu awal pagi hari, untuk meningkatkan aktivitas tubuh.
  2. Pada wanita, konsentrasi imunitas dan zat besi di dalam darah mencapai tingkat terendah selama haid dan tertinggi saat terjadi pembuahan.
  3. Kerja hati lebih aktif saat malam hari.
  4. Sebagian besar enzim pencernaan dikeluarkan saat siang hari.
  5. Pengeluaranempedu mencapai puncaknya saat tengah hari.
  6. Usus besar lebih aktif dan efisien selama permulaan pagi hari.
  7. Hormon serotonin di otak (pemicu rasa senang) diproduksi sebagai repon alamiah terhadap sinar matahari.
  8. Hormon pemicu tidur (melatonin) dikeluarkan sebagai respon adanya gelap saat malam hari.
  9.  



KANTUK DATANG DI MALAM HARI

Anda mungkin bertnya, mengapa di malam hari kita ngantuk?Atau di pedesaan yang belum ada listrik, cenderung tidur lebih cepat?Jawabannya, karena adanya hormon melatonin.SCN akan mengeluarkan hormon ini saat hari sudah gelap.

Selanjutnya, hormon ini akan memerintahkan tubuh untuk beristirahat.Namun, dengan adanya listrik yang membuat suasana malam menjadi terang, ini menghambat pengeluaran hormon tersebut, hasilnya mereka tidur lebih larut daripada sebelumnya.Selain itu, tubuh kita mudah beradaptasi.Misalnya, bagi para pekerja malam, SCN-nya akan beradaptasi dalam mengeluarkan hormon melatonin, sehingga mereka akan tetap terjaga walaupun hari sudah gelap.

Terlepas dari hal itu, umumnya saat malam semakin larut, rasa kantuk akan makin menjadi, ini disebabkan adanya peningkatan hormon melatonin dan penurunan suhu serta tekanan darah dalam tubuh.

YANG TERJADI SAAT TIDUR

Agar dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, tubuh perlu tidur.Tidur sehat manusia adalah 7 sampai 9 jam setiap hari.Perbaikan sel ini dipicu oleh hormon yang bernama Human Growth Hormone (HGH).Karena itu, dengan tidur yang cukup rata-rata 8 jam per hari, sama saja dengan membiarkan tubuh Anda memulihkan tubuh kembali.Tentu ini akan membuat Anda bangun dengan sehat pada pagi hari setelah tidur yang cukup.

Perlu diketahui, Ada beberapa faktor pengganggu tidur.Pertama, makan makanan asin, karena dapat membuat tubuh dehidrasi, sehingga dapat mengalamo retensi air yang menyebabkan hipertensi ringan, akibatnya proses perbaikan sel terganggu sehingga tidur Anda pun terganggu.

Kedua, konsumsi makan makanan manis.Ini akan dapat membuat sulit tidur karena otak akan memerintahkan untuk mengeluarkan hormon insulin.Akibatnya gula yang ada dalam pembuluh darah akan disimpan dalam sel otot, hati, dan lemak.Karena kadar gula dalam tubuh rendah, otak akan memerintahkan untuk mengeluarkn hormon kortisol yang memecah lemak menjadi gula.Efek sampingnya dapat memicu stres, sehingga waktu tidur Anda akan terganggu karena rasa stres tersebut.

DI PAGI HARI

Olah raga pada pukul 5 pagi kurang bermanfaat karena suhu tubuh masih rendah dan otot belum panas.Lebih baik pada pukul 7 pagi, karena pada pukul ini tubuh menghasilkan hormon serotonin yang meningkatkan mood.Dan berjemur di bawah sinar matahari pagi, ternyata dapat meningkatkan produksi hormon ini.

Di pagi hari, minum segelas air hangat akan mendorong enzim-enzinm yang ada dalam mulut ke dalam lambung sebagai proses detoksifikasi.Tunggu 20 menit sebelum mengkonsumsi sarapan atau minuman, karena bila kurang dari 20 menit, manfaat yang dihasilkan kurang optimal.

Salah satu manfaat mengetahui jam tubuh kita ini, dapat diketahui kapan saat tubuh dalam keadaan optimal, sehingga apa yang kita lakukan juga bermanfaat secara optimal untuk kesehatan tubuh.

Sumber : www.artikel-kesehatan-online.blogspot.com